Wednesday, June 16, 2010

Bali Art Culture & Event - Ngrebeg Ceremony 2010

Upacara Ngrebeg ( Ngrebeg Ceremony ), tradisi rutin yang di selenggarakan tiap enam bulan sekali di Pura Duur Bingin, Desa Tegallalang, Gianyar, Bali. Prosesi Upacara berlangsung selama enam hari, dengan melibatkan penduduk desa setempat. Setiap harinya , pengayah yang kebanyakan anak - anak dan remaja laki - laki secara bergantian mengaturkan sarana prosesi seperti buah - buahan, bunga, sayur, dan keperluan lainnya, yang nantinya akan di aturkan ke pada beliau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Terdengar menyenangkan bagi anak - anak yang sebagian besar berada di bangku SD dan Smp untuk berpartisipasi dalam prosesi ini, berkumpul bersama, bercanda, tertawa lantang, saling mewarnai muka, membuat penjor untuk iring - iringan prosesi upacara puncak, " Ngrebeg ". Selalu penuh keceriaan.

Ngrebeg adalah puncak prosesi tersebut, di mana setiap remaja laki - laki, anak - anak, merias wajah sesuai karakter yang mereka inginkan, berwarna - warni, bahkan seluruh tubuh mereka pun di warnai, sebelum prosesi di mulai, mereka berkumpul untuk makan bersama ( megibung dalam bahasa Bali ), kemudian bersiap untuk memulai, yaitu pawai megelilingi desa Tegallalang dengan setiap peserta membawa satu buah penjor.


Monochrome Series.
click here for colours series


Suasana Pura dalam Hitam putih I



Suasana Pura dalam Hitam putih II



Garis Bayangan



Pajeng ( Balinese Umbrella )



Ibu - ibu dan nenek - nenek sedang asik mempersiapkan keperluan upacara.



Ekspresi si kakek di bawah terik matahari.



Ceria bersama teman - teman.



Menatap kedepan dan pasti



Teriakan Semangat



Berani dan besemangat, walau panas tak jadi halangan



Di antara gelap terang



Duduk di temani bayangan

No comments:

Post a Comment